Selasa, 08 Mei 2012

Bintang Sirius

Tau ngag si guys, Bintang yg paling gw suka itu adlah bintang Sirius.

Bintang Sirius itu bintang paling terang di langit malam loh ^^.
dimana bintang sirius mempunyai Magnitudo tampak -1,47.
Sirius adalah salah satu sistem bintang terdekat dengan bumi pada jarak 2,6 pacsec atau 8,6 tahun cahya.
Tetangga terdekatnya adalah sistem bintang Procyon, pada jarak 1,61 parsec atau 5,24 tahun cahaya.


 tau gag si guys, Magnitudo itu apa?? 
Magnitudo tampak (m) dari suatu bintang, planet atau benda langit lainnya adalah pengukuran dari kecerahan atau kecerlangan yang tampak; yaitu banyaknya cahya yang diterima dari objek itu. Istilsh Magnitudo sebagai skala kecerahan bintang muncul lebih dari 2000 tahun yang lampau. 

Bintang Sirius ini terletak di rasi Canis Major dan merupakan sistem bintang ganda dengan komponen primer bintang deret utama A dan komponen sekunder sebuah katai putih.
Sirius dapat dilihat hampir disemua tempat dipermukaan Bumi kecuali oleg orang-orang yang tinggal pada lintang di atas 73,284 utara. Saat terbaik untuk dapat melihat bintang ini adalah sekitar tanggal 1 januari, dimana dia mencapai meridian pada tengah malam. woow! jadi pengen liat pas taun baru entar de guys ^^.

Tau gag si loh, bintang Sirius sering dibuat petunjuk iyg biasanya digunakan oleh para petani untuk menuukkan jadwal tanam atau para nelayan untuk menunjukkan arah.coba deh guys kalo kaliat tengok ke atas pada malam hari, ada satu bintang yang paling cerah dan bersinar dari bintang lainnya itulah bintang Sirius. ^^oiia guys tau gag asal mula dimana nama Sirius??Nama bintang ini berasal daari bahasa Yunani Σείριος (Seirios, yang berarti "menyala-nyala" atau "amat-panas"). Sebagai bintang paling terang di rasi "Anjing Besar", seringkali disebut juga sebagai "Bintang Anjing".
Na,a latin unutk bntang ini adalah Canicula :"Anjing kecil") dan dalam bahasa Arab:  الشعرىaš-šyi‘rā , dalam Astronomi Islam, dimana mana alternatif Al Shira diturunkan. Dengan nama aš-šyi‘rā, bintnag nii disebut dalam Al-Quran Surah An-Najm ayat 49, yg berbnyi : dan bahwasannya Dialah yang Tuhan (yang memiliki) bintang syi'ra.Dalam bahasa Sanskerta, bintang ini dikenal sebagai Mrgavyadha ("pemburu rusa") atau Lubdhaka ("pemburu"). Sebagai Mrgavyadha, Sirius melambangkan Siwa.
Dalam bahasa Tionghoa bintang ini dikenal sebagai serilag langit *serem juga ya hiii*
disebutt juga (satu bintang diatas Rasi) Serigsls di Langit. Sementara nama dalam bahsa pasar jepang untuk bintang ini adalh 青星 (Aoboshi, "bintang biru"). kalau dalan rumah Jing (井宿)(Rasi Thionghoa yang merupakan bagian dari rasi Gemini modern) *waah bintang ane tuh Gemini heheh*Ribet dikit ya guys menurut nama-namanya, tapi Sirius emank intang favorit gw ^^

Aku ingin seperti Sirius bisa menjadi bermanfaat dan petunjuk buat banyak orang. aAku ingin seperti Sirius bisa paling bersinar dari yang lainnya.Aku ingin sepeti Serius  selalu memberikan sekuat cahyanya untuk tetap bersinar walau umurnya berarti akan pendek. Dan aku ingin seperti Sirius memiliki pasangannya yang setia disampingnya seperti Sirius B, yang dikenal dengan panggilan dengan panggilan sayang "Sang Anak Anjing".

oiia guys, setelah dua dekade akhirnya Sirius kemungkinan meiliki pasangan. Berdasarkan perubahan gerak dirinya, pada 1844 Friedrich Wilhelm Bessel menarik kesimpulan bahwa Sirius kemungkianan memiliki pasangan. Hampir dua dekade kemudian, pada 1862, Alvan Graham Clark menemukan pasangan redup tersebut yang kemudian dinamai Sirius B, yang dikenal dengan panggilan sayang "Sang Anak Anjig". Komponen yang terlihat saat ini kadang-kadang disebut sebagai Sirius A.





Bintang Sirius (Syi'ra) muncul di surat An Najm (An Najm berarti "bintang"). Bintang ganda yang membentuk bintang sirius ini saling mendekat dengan sumbu kedua bintang itu yang berbentuj busur setiapa 49,9 tahun sekali. Peristiwa alam tentang bintang ini di isyaratkan dalam ayat ke-9 dan ke-49 dari Surat An-Najm.

Referensi: 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar